5 Cara Publikasi Jurnal Internasional Terindeks Scopus

Hasil penelitian terindeks Scopus adalah impian banyak peneliti dan akademisi. Karena Scopus merupakan salah satu pusat data sitasi terbesar di dunia yang memuat lebih dari 22.000 judul penelitian. Perhatikan cara publikasi jurnal internasional berikut ini agar lolos terindeks Scopus.

 

Cara Publish Jurnal Internasional

Bagaimana cara submit jurnal internasional Scopus sebenarnya tidak berbeda jauh dengan submit jurnal nasional melalui SINTA. Yang membedakan adalah ketentuan penelitian dan sejumlah syarat administratif. Berikut tips supaya jurnal penelitian Anda berhasil terindeks Scopus secara cepat.

1. Buat Penelitian Secara Spesifik

Jika ingin menerbitkan jurnal di Scopus, pastikan bidang penelitian Anda spesifik. Buatlah batasan atau scope sesuai keilmuan Anda dan analisis secara rinci. Sebab, Scopus menerapkan penulisan jurnal secara terfokus agar memudahkan proses kurasi dan penerbitan.

2. Tulis Jurnal Secara Rinci

Sebelum upload jurnal internasional melalui Scopus, pastikan juga Anda telah melakukan penulisan hasil penelitian secara maksimal. Tulis jurnal dengan penjelasan teori dan analisis yang tajam dan rinci. Sehingga pembaca mudah memahaminya.

Jangan lupa juga mengikuti format penulisan sesuai syarat dari Scopus. Ingat, setiap penerbit memiliki ketentuan penulisan yang berbeda-beda, sehingga Anda harus teliti sebelum mengirimnya. Jangan sampai menyamaratakan format penulisan untuk penerbit jurnal yang berbeda.

3. Hindari Plagiarisme

Larangan utama dalam semua kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah adalah plagiarisme. Tindak kecurangan ini tidak bisa ditoleransi, terutama di tingkat penerbit jurnal internasional seperti Scopus. Karena itu, jangan sekali-kali melakukan plagiasi pada penelitian yang Anda buat.

4. Lakukan Pendaftaran

Setelah hasil penulisan jurnal beres, sekarang waktunya registrasi ke Scopus. Tinggal ikuti petunjuk yang ada di website, lalu unggah hasil penelitian Anda. Biasanya peneliti perlu menunggu proses kurasi jurnal dalam hitungan minggu atau bahkan bulan, tergantung banyaknya jurnal yang masuk.

5. Gunakan Jasa Publikasi Jurnal 

Jika Anda ingin mempublikasikan jurnal internasional secara lebih praktis, Anda bisa gunakan jasa publikasi terpercaya. Sehingga Anda akan terbantu dalam proses pendaftaran hingga jurnal berhasil terbit. Anda hanya perlu mengeluarkan sejumlah biaya sebagai imbalan jasa tersebut.

Menggunakan jasa publikasi dari pihak ketiga cenderung lebih cepat, karena yang menangani adalah tim profesional dan berpengalaman. Anda pun bisa menghemat waktu, khususnya dalam menunggu proses kurasi jurnal yang memakan waktu lama.

 

Cara publikasi jurnal internasional terindeks Scopus bisa Anda mulai dengan membuat penelitian yang baik, penulisan sesuai ketentuan, dan mulai pendaftaran. Jika ingin lebih cepat dan praktis, Anda bisa memanfaatkan jasa publikasi jurnal terpercaya dan berpengalaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *