Canggih! Ini Dia Perkembangan Teknologi Kedokteran Gigi yang Digunakan di Indonesia

Pemeriksaan Kesehatan gigi zaman sekarang sudah menjadi semakin cepat dan akurat. Hal ini berkat perkembangan teknologi kedokteran gigi yang mulai diterapkan di Indonesia dan di dunia. Tidak hanya dengan pemeriksaan fisik saja, namun dilakukan juga pemeriksaan dengan alat dan teknologi yang canggih.

Tentu saja, hal ini tidak hanya sekedar memudahkan para tenaga medis. Namun sekaligus, membuat hasil analisis yang didapatkan menjadi lebih akurat.

Perkembangan Teknologi Kedokteran Gigi Zaman Modern

Kehilangan satu gigi bahkan lebih bisa mempengaruhi proses pengunyahan yang terjadi pada mulut. Proses pengunyahan yang tidak sempurna ini bisa mempengaruhi kesehatan organ yang ada di dalam tubuh. 

Organ yang paling terpengaruh pastinya organ pencernaan bagian dalam. Karena harus melakukan pekerjaan ekstra untuk menghancurkan makanan. Hal ini pada jangka waktu tertentu akan mempengaruhi asupan nutrisi tubuh dan menimbulkan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Inilah yang membuat perkembangan teknologi kedokteran gigi penting untuk dilakukan. Karena pada zaman modern seperti ini diperlukan solusi dan teknologi yang lebih modern untuk menyelesaikan berbagai macam permasalahan kesehatan gigi.

Karena memang kesehatan gigi merupakan aspek penting dalam kesehatan tubuh manusia. Menjaga kesehatan gigi tidak hanya bisa dilakukan dengan sekedar menggosok gigi setiap hari saja. Perlu juga dilakukan pemeriksaan gigi secara rutin setidaknya 6 bulan sekali.

4 Teknologi Canggih yang Digunakan Dokter Gigi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, perkembangan teknologi pada bidang kedokteran gigi sudah berkembang dengan sangat pesat. Berikut akan dibahas teknologi canggih apa saja yang sudah digunakan di bidang kedokteran gigi terutama di Indonesia.

1. Veneer Dengan Ukuran yang Lebih Tipis

Veneer merupakan cangkah tipis yang biasanya digunakan sebagai pelapis gigi depan. Veneer ini dapat mengatasi masalah seperti bentuk gigi yang kurang rapi maupun kurang rata. Pada zaman dulu, sebelum berkembangnya teknologi seperti sekarang.

Veneer gigi dibuat dengan ukuran yang sangat tebal. Sampai rasanya sakit dan tidak nyaman untuk digunakan. Namun, sekarang sudah banyak dibuat veneer dengan ukuran yang lebih tipis. Jadi, semakin nyaman untuk pasien menggunakannya.

2. CAM Density

CAM merupakan singkatan dari computer assisted manufacture. Pada perawatan gigi, teknologi ini dimanfaatkan untuk membuat dental bridge yang punya fungsi untuk mengisi celah antara gigi yang kosong. Dengan begitu, tampilan dan kemampuan mengunyah gigi menjadi lebih baik.

Pada zaman sebelumnya, umumnya dokter gigi harus membuat cetakan gigi terlebih dahulu. Lalu kemudian gigi tiruan dibuat pada laboratorium. Namun, dengan teknologi ini cetakan gigi dan bridge gigi bisa dibuat lebih cepat karena dibuat dengan teknologi komputer.

3. Laser Decay

laser decay, dental laser di Klinik Gigi Bekasi JB-dentalTeknologi ini memiliki fungsi deteksi untuk mengetahui adanya kerusakan gigi. Karena melakukan teknologi scanning dengan laser. Hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh laser decay bisa dijamin lebih akurat. Hal ini jika dibandingkan dengan metode pemeriksaan yang terbilang konvensional. Laser dari teknologi ini akan memindai gigi yang diperiksa. 

Selain itu, struktur gigi akan diperlihatkan secara akurat pada komputer. Jika ada kerusakan dan bagian yang perlu perbaikan, pasti detailnya akan langsung terlihat pada hasil scan.

4. Dental X-Ray

Teknologi sinar X-Ray sendiri sudah banyak digunakan di dunia kesehatan. Pemanfaatannya mulai dikembangkan untuk keperluan kedokteran gigi. Cara penggunaan X-Ray sebenarnya sama seperti penggunaan X-Ray pada bidang kesehatan lain. Hal yang berbeda hanya pada fokus pemindaiannya saja yang fokus pada bagian gigi dan mulut.

Itulah ulasan mengenai perkembangan teknologi kedokteran gigi dan contoh teknologi yang digunakan. Ternyata bidang kedokteran gigi kini semakin maju dan akurat dalam pemeriksaan. 

sumber: toothsignature.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.