Cara Mengatasi Fungsi Kapasitor Mesin Cuci yang Bermasalah

November 29, 2021 by - Elektronik

Meskipun disebut tidak begitu baik untuk mencuci, mesin cuci tetap dijadikan sebagai alat rumah tangga yang penting di sebuah rumah. Hal ini disebabkan karena mesin cuci dapat membantu meringankan pekerjaan rumah tangga sehingga waktu bisa digunakan untuk kegiatan lain dan lebih efektif.

Bagi Anda yang juga memiliki mesin cuci, Anda harus tahu bahwa ada banyak sekali komponen yang dimiliki oleh mesin tersebut. Termasuk komponen kapasitor. Mengetahui cara kerja dan fungsi kapasitor mesin cuci adalah salah satu hal yang sangat penting karena komponen ini bisa disebut sebagai komponen utama sebuah mesin cuci.

Fungsi kapasitor mesin cuci

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya sebagai pemilik mesin cuci Anda harus tahu apa yang dimaksud dengan kapasitor serta fungsi kapasitor mesin cuci. Kapasitor merupakan salah satu komponen yang berhubungan dengan daya. Dengan adanya kapasitor, sebuah mesin dapat bergerak dengan menggunakan tenaga listrik. Jadi memang, fungsi utama dari kapasitor adalah untuk menyalurkan daya listrik ini ke motor penggerak.

Selain kapasitor digunakan sebagai sumber penyalur tenaga listrik utama ke mesin cuci, komponen kapasitor ternyata juga bisa digunakan untuk menyimpan daya listrik sementara. Jika tidak ada kapasitor ini mustahil motor penggerak di mesin cuci bisa berputar.

Hal inilah yang menyebabkan kapasitor menjadi komponen yang sangat penting posisinya di dalam mesin cuci. Perlu Anda tahu, ketika komponen kapasitor di mesin cuci rusak maka mesin cuci tidak akan bisa bekerja secara keseluruhan.

Untuk menjaga kapasitor tetap dapat berfungsi sesuai dengan manfaatnya, Anda harus tahu bagaimana cara perawatan kapasitor serta mengetahui kapan waktu penggantian kapasitor yang tepat. Dalam artikel ini kami akan membahas mengenai hal-hal yang berhubungan dengan cara penggantian kapasitor serta harga kapasitor jika Anda harus menggantinya.

Cara melakukan pengecekan kapasitor

Seperti telah disebutkan sebelumnya meskipun Anda adalah awam elektronika sangat penting bagi Anda untuk tahu bahwa kapasitor di mesin cuci Anda sedang bermasalah atau tidak. Untuk mencari tahu, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pengecekan.

  • Perhatikan suara mesin cuci Anda

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengecek apakah kapasitor di mesin cuci Anda dalam kondisi yang prima atau tidak adalah dengan memperhatikan suara dari mesin cuci tersebut. Salah satu tanda ketika komponen kapasitor di mesin ini rusak adalah ketika mesin cuci mengeluarkan suara berdengung. Ketika mesin cuci mengeluarkan suara berdengung, artinya fungsi kapasitor mesin cuci sudah tidak bekerja sesuai dengan semestinya.

  • Melihat pergerakan dari mesin cuci

Selain memperhatikan suara mesin cuci, hal lain yang perlu diperhatikan saat memiliki mesin cuci adalah pergerakan dari mesin cuci itu sendiri. Ketika mesin cuci tidak bergerak atau tidak mau berputar, hal ini menjadi salah satu tanda bahwa mesin cuci Anda kapasitornya sedang bermasalah.

  • Melakukan pembukaan bagian komponen secara berkala

Selain menunggu komponen kapasitor ini benar-benar rusak, Anda juga bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu secara berkala untuk memastikan komponen Anda bekerja dengan baik. Untuk melakukan pengecekan ini, bisa membuka bagian belakang mesin cuci Anda untuk melihat komponen-komponennya. Jika kapasitor tidak bergerak dan harus bergerak dengan bantuan gerakan tangan, maka artinya komponen kapasitor ini harus segera diganti. Perhatikan juga bagian kabelnya apakah masih dalam kondisi apik atau sudah putus karena digigit tikus.

Harga kapasitor mesin cuci 2 tabung

Untuk harganya, kapasitor mesin cuci memiliki harga berbeda tergantung nilainya. Untuk mesin cuci 2 tabung jumlah kapasitor yang biasa digunakan adalah dua jenis. Biasanya kapasitor yang digunakan untuk kapasitor mesin cuci dan kapasitor mesin pengering. Kapasitor mesin cuci biasanya memiliki harga yang lebih mahal karena nilainya yang lebih besar.

Selain dipengaruhi oleh ukurannya, harga kapasitor juga bisa dipengaruhi oleh merknya. Untuk memastikan fungsi kapasitor mesin cuci bekerja dengan baik Anda bisa pilih kapasitor sesuai dengan yang ada di mesin cuci Anda. Untuk harganya kisarannya adalah sekitar Rp 25.000 hingga Rp 35.000.