Jenis Lemari Kabinet untuk Menyimpan Arsip

Arsip merupakan hal penting di sebuah perusahaan atau instansi. Kegunaan arsip tersebut bisa dijadikan sebagai bukti dokumen sekaligus evaluasi dari kegiatan yang dilakukan di kantor. Jenis arsip juga mempunyai banyak jenisnya dari arsip terbuka yang bisa diakses oleh semua orang hingga arsip yang sifatnya rahasia karena merupakan penting untuk perusahaan. Dari banyaknya jenis arsip tersebut maka membutuhkan jenis penyimpanan yang tentunya berbeda. Sehingga tidak heran apabila terdapat banyak jenis lemari kabinet yang bisa ditemukan. Beberapa jenis lemari kabinet yang bisa digunakan untuk menyimpan dokumen di kantor tersebut yaitu:

 

1.    Mobile shelving

Jenis lemari kabinet pertama yang bisa digunakan untuk menyimpan arsip adalah mobile shelving. Jenis ini merupakan pilihan terbaru dan mempunyai keunggulan dengan lemari arsip yang bisa bergerak secara dinamis. Lemari arsip ini menggunakan rel yang terpasang, sehingga memudahkannya untuk dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya. Lemari kabinet ini mempunyai ukuran yang cukup besar sehingga bisa menampung banyak arsip. 

Teknologi yang digunakan jenis lemari ini juga sudah maju karena merupakan generasi baru. Seperti mempunyai tombol otomatis, sudah terintegrasi dengan komputer, dan juga fitur lainnya yang mendukung pengelolaan arsip lebih baik dalam jumlah besar.

lemari kabinet

 

2.    Cupboard

Jenis lemari kabinet selanjutnya yang bisa ditemui yaitu cupboard. Jenis ini merupakan lemari penyimpanan arsip yang bisa digunakan untuk berbagai divisi. Untuk ukurannya juga tidak terlalu besar, sehingga tidak menampung banyak arsip. Tersedia banyak pilihan yang ada di pasaran untuk cupboard yang bisa dipilih sesuai kebutuhan penyimpanan dokumen. Seperti swing door, sliding door, ataupun tambour door. Selain dari pilihan cara bukannya, lemari kabinet ini mempunyai ukuran yang tidak terlalu besar sehingga bisa disimpan di ruangan yaitu umumnya diletakkan di ruangan divisi perusahaan.

3.    Cabinet

Pilihan terakhir lemari arsip yang bisa digunakan adalah cabinet. Jenis ini mempunyai bentuk yang hampir sama dengan tipe sebelumnya yaitu jenis cupboard. Fungsi dari cabinet sendiri merupakan tempat untuk menyimpan dokumen sehari-hari sehingga akan lebih mudah ditemukan. Spectrum cabinet ini mempunyai ukuran yang juga tidak terlalu luas sehingga bisa untuk menyimpan dokumen penting sehari-hari dan bisa dikeluarkan apabila sudah tidak digunakan lagi. Selain dokumen biasa, spectrum cabinet ini juga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan hingga dokumen rahasia.

 

Selain itu juga masih ada rak yang bisa digunakan untuk jenis dokumen yang sudah digunakan lagi dan hanya dibutuhkan sebagai arsip. Berbagai jenis tersebut merupakan penyimpanan dokumen yang bisa ditemukan di perusahaan ataupun instansi. Pastikan untuk memilih lemari kabinet dengan kapasitas yang dibutuhkan yang bisa ditampung, sehingga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan penyimpanan dokumen di kantor.

Leave a Reply

Your email address will not be published.