Manfaat Akupuntur yang Bisa Anda Peroleh

November 29, 2021 by - Kesehatan

Akupuntur pertama kali muncul di China sebagai salah satu pengobatan alternatif yang sangat populer disana. Akupuntur tersebar di seluruh dunia dan telah sangat populer di segala kalangan. Akupuntur dilakukan dengan menusuk jarum halus ke titik-titik tertentu pada tubuh. Masyarakat China percaya dengan melakukan akupuntur maka aliran Qi yang terhambat dapat kembali berjalan lancar. Jika aliran Qi lancar maka tubuh akan kembali sehat.

Meskipun ilmu kedokteran modern tidak membenarkan klain semacam itu namun kedokteran modern tak dapat membantah bertapa efektifnya akupuntur bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat yang bisa anda peroleh dengan akupuntur.

Menghilangkan Sakit Kepala

Akupuntur dapat menghilangkan sakit kepala secara efektif. Dengan penusukan pada titik titik tertentu dengan menggunakan jarum maka syaraf akan menghasilkan hormon endorfin yang dapat meredakan rasa sakit kepala.

Mengurangi Sakit Pinggang

Akupuntur juga dapat digunakan untuk meredakan sakit pinggang yang seringkali mendera orang dewasa dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Sama seperti sakit kepala, dengan tusukan pada bagian tertentu pada tubuh maka hormon endorfin akan keluar dan sakit punggung dapat hilang.

Memperlambat Penuaan

Akupuntur dapat memperlambat penuaan dengan cara memperbaiki elastisitas kulit pada wajah. Akupuntur secara khusus diperuntukan bagi wajah disebut akupuntur kosmetik. Aplikasinya jarum ditusuk pada titik-titik tertentu di area wajah, leher, dan sekitar kepala. Hingga saat ini efektivitas akupuntur terhadap pencegahan penuaan masih diteliti lebih lanjut.

Mempercepat Pemulihan bagi Penderita Stroke

Akupuntur bisa dilakukan sebagai terapi tambahan bagi penderita stroke. Ini berdasarkan studi yang dilakukan oleh para peneliti. Perbandingan mereka yang melakukan akupuntur terlihat jauh lebih baik ketimbang mereka yang tidak melakukan akupuntur.

Tak hanya dapat meredakan rasa sakit akibat stroke, namun juga rasa tidak nyaman pada bagian tertentu otot. Fisioterapi ditambah dengan akupuntur akan dapat berefek sangat bagus bagi kesembuhan.

Mengatasi Obesitas

Akupuntur dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat menurunkan nafsu makan dan menurunkan berat badan. Meskipun demikian, mengatur pola makan juga diperlukan supaya tetap bugar dan sehat.