Mengenal Jenis Kifosis

Kifosis yaitu salah satu jenis kelainan tulang belakang dimana penderita mengalami kelengkungan pada tulang belakang secara tidak normal sehingga penderita akan tampak bungkuk. Normalnya orang mempunyai tulang belakang dengan kelengkungan antara 20 hingga 45 derajat dan diatas itu maka sudah tidak normal atau kifosis.

Kebanyakan masalah kifosis tak menimbulkan masalah yang serius dan sebagian penderita mengalami masalah serius karena kifosis yang dideritanya menyebabkan masalah pernafasan, gangguan fungsi jantung dan fungsi organ lainnya dalam tubuh. Selain itu penderita kifosis kerap merasakan kaku dan nyeri pada punggung.

Kifosis sering terjadi pada remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan. Selain itu kifosis juga sering dialami oleh lansia yang mengalami pengeroposan tulang atau osteoporosis. Kifosis sendiri ada beberapa jenis diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kifosis Postural

Kifosis Postural adalah kelainan tulang belakang yang paling sering dialami oleh remaja yang masih dalam masa pertumbuhan. Ini terjadi karena postur dan sikap tubuh yang buruk yang dilakukan secara terus-menerus membuat beban kerja tulang belakang menjadi terancam. Selain remaja, orang yang sudah tua juga mengalami kifosis postural karena pengeroposan tulang.

2. Kifosis Kogenital

Kifosis kogenital adalah kelainan tulang belakang yang terjadi pada seseorang semenjak lahir. Kelainan sejak lahir disebabkan oleh perkembangan tulang belakang dalam rahim tidak sempurna selama dalam kandungan.

3. Kifosis Metabolik

Kifosis metabolik adalah kifosis yang terjadi akibat tidak mampunya tubuh dalam menyeram atau memproses zat penting yang dibutuhkan oleh tulang seperti kalsium, magnesium, fosfor dan mineral. Akibatnya tulang akan mengalami kekurangan nutrisi penting yang menyebabkannya mudah melengkung dan keropos.

4. Kifosis Pascatrauma

Kifosis pascatrauma adalah kelainan tulang belakang yang disebabkan oleh kerusakan tulang akibat benturan benda keras, terjatuh, atau tertimpa sesuatu yang berat menyebabkan punggung menjadi retak atau rusak. Ini menyebabkan tulang belakang menjadi bengkok.

5. Kifosis Scheuermann

Ini adalah kelainan tulang belakang dimana ada pertumbuhan tak wajar pada tulang belakang sehingga tulang belakang menjadi melengkung ke depan secara tidak normal.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *