Mengenal Kertas Duplex untuk Produk Kemasan

Lebih memahami mengenai jenis kertas akan membantu kamu mengetahui apa saja kegunaannya. Kertas duplex misalnya, kertas yang sangat banyak digunakan dalam bidang kemasan dan boks makanan ini memang terbaik dari jenis kertas lainnya. Nah, untuk mengenal kertas duplex secara lengkap, berikut ini pengertian dan ciri-cirinya.

Pengertian Kertas Duplex

Kertas duplex masuk sebagai salah satu jenis kertas yang sering kali digunakan untuk produk barang dan kemasan. Kertas yang masuk sebagai kategori kertas karton ini memiliki dua sisi yang berbeda. Dari segi bahan, kertas duplex memang dihasilkan dari proses daur ulang kertas bekas yang sudah tidak digunakan. Untuk memberikan kekuatan dalam pengemasan barang, ada lapisan white liner pada sisi lain dari kertas duplex.

dus kemasan, cetak box makanan Surabaya

Sisi pertama kertas duplex yang berwarna gelap, dan yang sisi kedua berwarna putih. Pada sisi yang berwarna putih inilah yang dijadikan untuk mencetak tulisan ataupun gambar sebagai daya tarik dari kemasan produk. Namun jika kamu ingin memakai kertas duplex sebagai kemasan produk, silahkan mempertimbangkan ketebalan, kelembaban, kekakuan, kepadatan, kecerahan dan kehalusan permukaannya.

Jika ingin digunakan untuk packing pengiriman barang, kamu juga harus bisa menentukan ketebalan dan suhu ruangan penyimpanan. Sejumlah perubahan suhu dan kondisi lingkungan akan sangat mempengaruhi daya tahan kertas dalam jangka kedepannya.

Karakteristik Kertas Duplex

Untuk mengenal kertas duplex maka kamu juga harus memahami sepenuhnya mengenai apa saja kegunaan, kelebihan dan kekurangannya. Kertas jenis ini memang dianggap sebagai salah satu kertas yang ramah lingkungan. Mudah sekali hancur dan apabila sudah tidak digunakan juga bisa didaur-ulang lagi. Untuk itulah sejumlah kegiatan yang berhubungan dengan pengemasan barang sangat mengandalkan jenis kertas duplex.

Kegunaan kertas duplex yang selama ini bisa kamu jumpai di sekitar adalah untuk kemasan produk. Kertas ini banyak digunakan untuk kemasan kotak kosmetik, paper bag, kotak obat, kotak korek api, kemasan makanan dan lainnya. Sedangkan untuk kemasan makanan bisa kamu temukan pada kemasan pizza, tray food, lunch box, burger box dan lainnya.

Jika dilihat dari segi kegunaannya, kertas duplex memiliki beberapa keunggulan dan kelemahan. Berikut ini penjelasan untuk kamu semua.

Keunggulan Kertas Duplex

–        Ramah lingkungan.

–        Bisa dicetak full color menyesuaikan desain.

–        Harga relatif murah.

–        Gramatur kuat sehingga tidak mudah rusak.

–        Sangat cocok untuk produk kemasan yang memiliki unsur mudah rusak dan pecah.

–        Menjamin pengiriman barang semakin lebih aman.

Kelemahan Kertas Duplex

–        Sisi permukaan ada yang halus dan ada yang kasar.

–        Sangat rawan rusak jika terkena air.

Jenis-Jenis Kertas Duplex

Jika kamu ingin memakai jenis kertas duplex sebagai bahan kemasan, ada beberapa jenis kertas ini yang dipasarkan di toko kertas Indonesia. Berikut ini jenis-jenis kertasnya.

1.      Duplex Board White Back

Jenis kertas duplex yang biasanya digunakan untuk produk sekali pakai. Sangat jarang digunakan sebagai bahan pengepakan barang. Contohnya piring makanan dan bahan kerajinan tangan.

2.      Duplex Board Coated

Kertas yang sering kali digunakan untuk kemasan makanan karena memiliki ketebalan 230 sampai 450 gsm. Produk ini bisa menyesuaikan permintaan pesanan konsumen.

3.      Sudarshan Cup Stock

Kertas dengan bentuk gelas yang mampu menampung air pada bagian dalamnya. Bagian luar bisa dihiasi motif sesuai desain pengguna. Biasanya hanya digunakan sekali pakai. Contohnya gelas minuman.

4.      Duplex Board Uncoated Board

Kertas dengan ketebalan khusus karena memiliki gramasi 600 gsm/gram. Biasanya digunakan untuk mengemas produk elektronik karena seratnya lebih kuat, awet dan bisa digunakan dalam beberapa kali pakai.

5.      Duplex Ultra White Coated Premium Board

Kertas yang sering kali digunakan untuk produk kemasan kartu, obat, kosmetik dan jenis kemasan barang lainnya. Karena bisa dipakai untuk percetakan, harganya lebih mahal dibandingkan jenis lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.