WC Tersumbat? Cek 3 Cara Membersihkan Septic Tank Tanpa Sedot

WC tersumbat dan berbagai masalah septic tank lain seringkali muncul di tengah musim hujan. Ini disebabkan karena naiknya debit air yang terdapat di dalam tanah. Masalah demikian tentu akan merepotkan sebab solusi yang umumnya diketahui ialah dengan sedot WC. Padahal ada cara membersihkan septic tank tanpa sedot yang bisa dilakukan.

Jika pembaca mencari cara alternatif lain, maka cara-cara di bawah ini cukup tepat dan bisa pembaca ikuti. 3 Cara berikut cukup praktis dan mudah untuk diikuti. Baca ulasan berikut dengan seksama. Siapkan masker, sarung tangan, dan pelindung bagian WC lainnya sebelum mempraktikkannya.

septic tank

1. Gunakan Plastik Wrap

Pembaca pasti sudah tau plastic wrap. Biasanya plastic ini digunakan untuk membungkus makanan sisa, atau buah-buahan agar tidak terkena udara secara langsung. Plastik wrap ini elastis dan bisa menempel di permukaan benda dengan baik. Pembaca bisa membeli plastik wrap beberapa gulung untuk digunakan membersihkan septic tank tanpa sedot.

Caranya cukup mudah. Untuk membersihkan septic tank, pembaca bisa membersihkannya mulai dari WC toilet. Buka plastic wrap dan lapisi bagian atas lubang dari WC. Lapisi bagian dudukan berlapis-lapis dengan kuat. Pastikan tidak ada lubang atau celah yang bisa menjadi akses udara keluar maupun masuk.

Setelah tertutup rapat, tekan flush atau siram dengan air berkekuatan tinggi. Plastic wrap akan mengembang ke atas. Tekanan perlahan namun dengan tekanan. Dengan begitu air di WC akan tertekan masuk kembali dan WC bisa kembali normal. Alhasil, septic tank juga bisa dibersihkan dengan aliran yang kembali lancar dari WC.

2. Gunakan Campuran Cuka dan Baking Soda

Seperti yang diketahui secara umum, cuka maupun baking soda ialah bahan yang ampuh mengatasi kotoran berkerak. Untuk membersihkan septic tank tanpa sedot WC, pembaca bisa mencampurkan kedua bahan ini melalui WC. Pertama-tama, pada WC yang tersumbat, tuangkan baking soda di lubang WC secukupnya.

Tunggu hingga 120 menit atau 2 jam. Baking soda akan mengendap di bagian bawah lubang WC. Setelah 120 menit, tuangkan 2 gelas cuka putih. Tuangkan dengan gerakan memutar agar merata. Selanjutnya kedua bahan tersebut akan bereaksi dengan mengeluarkan gelembung dan bau menyengat. Reaksi ini cukup dibiarkan saja.

Biarkan reaksi ini selama 60 menit. Jika sudah, nyalakan flush atau siram air di WC. Dengan demikian, bahan-bahan yang sudah dilarutkan tadi akan hanyut terbawa aliran air menuju ke septic tank dan WC kembali berfungsi normal.

3. Gunakan Campuran Air Panas dan Sabun Cuci Piring

Jika pembaca mencari bahan untuk cara membersihkan septic tank tanpa sedot dengan bahan-bahan yang ada saja, pembaca bisa menggunakan campuran dari kedua bahan ini. Sifat dari sabun cuci piring cair ialah licin, dan dapat membersihkan kotoran secara optimal.

Ini akan sangat berfungsi untuk membersihkan kotoran yang menyumbat WC maupun septic tank. Pertama-tama, panaskan air hingga mendidih. Tutupi bagian WC lainnya dengan kain. Setelah air mendidih, angkat dan segera campurkan dengan sabun cuci piring cair. Selanjutnya, tuang larutan tersebut selagi panas sedikit demi sedikit selama 20 menit.  

Itulah beberapa cara membersihkan septic tank tanpa sedot yang perlu pembaca ketahui. Usahakan untuk menggunakan masker dan sarung tangan untuk melindungi dari larutan-larutan yang digunakan.

 

Umumnya, WC yang dituangi oleh larutan-larutan di atas, akan mengeluarkan aroma yang kurang enak Maka dari itu, cobalah menggunakan septic tank biotech yang bebas dari masalah tersumbat. Informasi mengenai keunggulan biotech bisa mengunjungi https://www.biotechno.co.id/septic-tank-bio/. Semoga informasi di atas bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *